Friday, January 11, 2008

KONI/KOI Fokus Persiapkan Atlet

Jakarta (SINDO)-KONI/KOI tidak akan mempermasalahkan proses penunjukan Chief de Mission (CDM) Olimpiade Beijing 2008 Rosihan Arsyad oleh Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga(Kemenegpora). Induk organisasi olahraga Indonesia itu memilih fokus mempersiapkan atlet dengan dana superterbatas.

Meski begitu, Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo tetap akan melakukan diskusi dengan Kemenegpora mengenai siapa yang akan mengatur kontingen Indonesia di multievent antarbenua tersebut.

"Kita lihat saja nanti, apakah KONI/KOI atau Kemenegpora yang akan mengatur. Intinya kami akan duduk bersama untuk membahas masalah ini,"kata Rita, saat melantik Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) kepada wartawan, kemarin.

Di luar itu persiapan Merah Putih menjalani pemusatan latihan telah berlangsung. Bahkan dia berupaya maksimal agar dana Rp35 miliar yang telah digelontorkan pemerintah dapat dipergunakan untuk persiapan dan keberangkatan cabang-cabang olahraga yang dipastikan ke Beijing.

Meski begitu Rita tak membantah jika dana tersebut terbilang minim untuk memfasilitasi sekitar 40-60 atlet yang berangkat dari 100 atlet yang dipersiapkan. Apalagi pemusatan latihan, uji coba, pengiriman atlet, hingga persiapan fasilitas memang membutuhkan dana yang tidak sedikit.

"Jumlah itu tentu minim. Dan kini kami akan berupaya mencari dan bekerja sama dengan pihak sponsor. Itu merupakan alternatif untuk menyiasati dana yang minim,"ujar mantan Sekjen KONI pusat itu. Sponsor yang akan didapat pun rencananya menjadi bonus bagi atlet yang merebut medali, yakni Rp 1 miliar (emas), Rp500juta (perak) dan Rp 250juta (perunggu).

Sementara itu, Rosihan yang juga Sekjen KONI menjelaskan, minimnya dana berdampak pada persiapan atlet. Beruntung Pengurus Besar (PB) dapat meyiasati dengan melakukan persiapan atlet di tempat sama seperti SEA Games 2007.

Rita juga berharap kerja sama dengan National Olympic Committee (NOC) negara lain seperti Korea, bagi pelatnas taekwondo menjadi sinyalemen positif bagi persiapan tim Indonesia menuju Beijing, Cina.

Sumber : http://www.koni.or.id

Visit Yogyakarta / Jogja