Tuesday, December 18, 2012

FPTI Sleman gelar Fun Training-Fun Climbing

Sindonews.com  - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sleman menggelar even Fun Training dan Fun Climbing, Minggu (16/12). Even tutup tahun  bertitel 'December Session' diikuti 9 atlet putra dan 9 atlet putri terbaik Sleman berdasarkan peringkat akhir tahun. Peringkat didasarkan pada hasil pertandingan promosi degradasi dari sirkuit panjang tebing Sleman yang berlangsung 3 seri selama 2012.

Ketua Harian FPTI Sleman Karis mengatakan, even ini digelar dua lokasi yaitu di halaman GSP UGM dan Bayu Climbing Center mulai 08.00 - 16.00 WIB. "Peserta tidak dibebani uang pendaftaran. Bahkan,  seluruh peserta akan mendapatkan hadiah uang tunai sesuai peringkat yang diperolehnya," katanya, Jumat (14/12/2012).

Menurut dia, tujuan even berkonsep fun training dan fun climbing ini untuk membentuk tim yang kuat dan solid. Antara atlet, pelatih dan pengurus menjadi satu tim yang tidak terpisahkan sehingga di tahun mendatang dapat menghasilkan prestasi yang lebih baik.

Karis menjelaskan, konsep even ini adalah fun training dan fun climbing. Peserta tidak hanya melakukan panjat tebing saja namun ada beberapa item latihan yang dilombakan. Untuk fun training peserta akan diajak bermain curi kelereng, lompat gempor dan jaring ikan. "Item ini dalam latihan rutin Pusdiklat menjadi bagian terberat bagi atlet karena merupakan program latihan fisik yang mengutamakan ketahanan, kecepatan dan kelincahan," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk fun climbing peserta akan diberikan 20 jalur pendek atau boulder yang harus diselesaikan. "Peserta yang paling banyak menyelesaikan jalur akan mendapat poin tertinggi," imbuhnya.

Lebih lanjut Karis mengatakan, dalam even ini para atlet juga diajak sharing dan evaluasi selama menjalani Pusdiklat 2012. Atlet diberikan kesempatan memberikan masukan seluasnya untuk perbaikan dari sisi menu latihan, jadwal, cara pelatih memberikan training. "Bahkan sisi manajemen pun boleh dikritisi," ungkapnya.

(wbs)

Visit Yogyakarta / Jogja