Tuesday, February 19, 2013

Sejarah Panjat Tebing Sleman

Aktifitas Panjat Tebing Sleman sudah ada sejak olahraga panjat tebing dikenal di Indonesia dan Yogyakarta. Namun keberadaan FPTI Sleman secara resmi baru dideklarasikan pada bulan februari 2007 menjelang Porprov 2007 yang mempertandingkan cabang olahraga panjat tebing. Dengan demikian FPTI Sleman adalah federasi panjat tebing indonesia tingkat kabupaten yang paling bungsu di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sebagai anak bungsu, sejak kelahirannya fpti sleman terus mengejar kakak - kakaknya yang telah lebih dulu aktif membina olahraga panjat tebing di yogyakarta. Gelaran Seleksi Panjat Tebing Tingkak Kabupaten Sleman merupakan even pertama untuk menseleksi atlet panjat tebing di kabupaten sleman menuju Pekan Olahraga Propinsi DIY tahun 2007.
Selanjutnya even yang menjadi andalah sekaligus digelar rutin tiap tahun adalah Sirkuit Panjat Tebing Sleman, yang setiap tahun minimal digelar 3 kali, dengan tujuan untuk menyiapkan atlet yang akan mengikuti jenjang kompetisi yang lebih tinggi yaitu sirkuit panjat tebing yogyakarta, Porprov DIY, Kejurnas dan lain sebagaina sebagai wakil dari Kabupaten Sleman.
Sampai saat ini FPTI Sleman mencanangkan Pemusatan Latihan Panjat Tebing yang di gelar sepanjang tahun dimana atlet yang digembleng adalah para jawara dari sirkuit panjat tebing sleman maupun even lain yang mendapatkan rekomendasi dar fpti.

Visit Yogyakarta / Jogja