Saturday, February 28, 2009

Kliping : Berlatih Pindah Kaki Pada Panjat Tebing

Panjat tebing adalah salah satu olahraga ekstrem yang mulai digemari oleh anak-anak muda. Beberapa orang yang beranggapan olahraga panjat tebing adalah olahraga yang berbahaya adalah salah, karena dengan menguasai
teknik-teknik yang benar, olahraga ekstrem ini sangat mudah dilakukan.
Jika pada edisi yang lalu kita telah membahas tentang teknik ganti tangan, teknik dasar yang juga tidak kalah penting adalah teknik ganti kaki.

Untuk menambah ketinggian dalam olahraga ini, kita harus memindahkan kaki kepada posisi point yang lebih tinggi. Terkadang seorang pemanjat akan menemui kebuntuan karena tidak ada pijakan (point) lain yang bisa digunakan, masalah tersebut bisa diselesaikan dengan teknik ganti kaki. Untuk latihan menambah ketinggian ini bisa dilakukan dengan jalur menyamping atau boulder.

Untuk latihan teknik ini lakukan dengan posisi 2 tangan dan 2 kaki menumpu pada point dengan kokoh. Luruskan tangan, jangan ditekuk, dengan posisi tersebut beban tubuh lebih ringan, dan badan akan lebih seimbang.

Latihan dilakukan dengan melakukan gerakan ke arah kiri. Untuk gerakan ke kiri dengan posisi 2 tangan menumpu, posisi ujung kaki kiri untuk menumpu pada salah satu point serta berikan ruang pada point tersebut untuk ujung kaki kanan.

Sebelum memindah atau menyatukan kedua kaki pada point yang sama, fokuskan beban tubuh pada kaki kiri, setelah itu pindahkan kaki kanan sehingga posisi kedua ujung kaki menumpu pada point yang sama. Setelah kedua kaki menumpu pada point yang sama, fokus beban tubuh pindahakan pada kaki kiri, dan kemudian kaki kanan menjadi tumpuan.

sumber : Harian Joglosemar

Visit Yogyakarta / Jogja