Saturday, February 28, 2009

Kliping : Teknik Memegang Point dalam Panjat Tebing

Teknik memegang point adalah salah satu hal yang harus dikuasai oleh atlet atau penggemar olahraga panjat tebing. Pelatih panjat tebing Jateng, Krisna Rano dan Iwan Heri Setiawan memberikan tips berbagai cara melakukan pegangan dalam panjat tebing.
Dalam panjat tebing ada berbagai medan yang harus dilewati pemanjat, yaitu jalur vertikal, over hang, roof dan corner. Untuk semua medan tersebut, ada beberapa jenis pegangan yang harus dikuasai yaitu :

- Pegangan hook/pocket: Pegangan pocket bisa digunakan untuk point/pegangan yang mengantong. Pegangan dilakukan dengan menekan empat jari pada point, sedangkan jempol jari berfungsi sebagai pengunci.

- Pegangan rata/flat: Bisa digunakan disemua medan, tapi untuk overhang 10-40 derajat dan roof hanya bisa digunakan sebagai pegangan bertahan, tidak bisa untuk tarikan tubuh. Pegangan flat minimal menggunakan empat jari, jari jempol selalu jadi pengunci.

- Pegangan open hand/round: Permukaan tangan harus mampu menekan point secara penuh dengan kelima jari dan telapak tangan.

- Pegangan cubit/pinch yaitu cara memegang point jika posisi pegangan point vertikal. minimal menggunakan 3 jari.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memegang point adalah arah point. Usahakan saat memegang point sambil mencari posisi tubuh yang tepat agar tubuh dalam keadaan seimbang. (Krisna Kartika Sari)
sumber : Harian Joglosemar

Visit Yogyakarta / Jogja