Saturday, February 28, 2009

Kliping : Teknik Hogging pada Panjat Tebing

Jika minggu lalu kita sudah belajar teknik pegangan dalam panjat tebing, sekarang giliran kita akan melanjutkannnya dengan teknik dasar yang lain yaitu, hogging. Hogging adalah gerakan kaki yang digunakan, bila sangat pemanjat tidak bisa menjangkau poin diatasnya (tidak bisa ditangkap dengan gerakan biasa).
Dalam posisi ini biasa pemanjat telah mempunyai 3 titik/poin tumpu. Dengan posisi 1 poin yang tidak bisa dijangkau maka pemanjat bisa menggunakan bantuan tolakan kaki untuk menambah ketinggian dalam menjangkau poin.
Pelatih Panjat Tebing Jateng, Iwan Heri Kurniawan menerangkan ada teknik ini ada 3 macam, yaitu:
- Hogging mengunakan tumit, teknik ini dilakukan jika arah poin yang ingin dicapai berada di kanan atau kiri sumbu tubuh. Dengan gerakan tangan menyabit. Gerakan akhir dari ini adalah ujung kaki kerah bawah.
-Hogging dengan tumit belakang, teknik ini dilakukan jika poin yang ingin dicapai berada diatas pemanjat, atau sejajar dengan posisi tubuh. Dengan menekankan tumit belakang, nantinya kekuatan akan ditemukan titik tumpu kaki pada tumit sehingga bisa mendorong tubuh ketas.
-Hogging dengan ujung kaki, teknik hogging dengan ujung kaki kecil fleksibel pengunaannya, tergantung dengan jalur yang dilewati dan poin yang dipasang. Tapi hogging dengan ujung kaki ini paling pas digunakan pada poin-poin kecil. (Krisna Kartika Sari)
Sumber : Harian Joglosemar

Visit Yogyakarta / Jogja