Saturday, February 28, 2009

Kliping : Merawat Sepatu Panjat Tebing


Agar sepatu panjat tebing anda berumur lebih lama, lakukan perawatan sepatu dengan serius.
Sepatu panjat tebing, selain mahal harganya juga merupakan penunjang utama kita saat melakukan aktifitas panjat tebing.
1. Jangan menggunakan sepatu panjat tebing anda untuk aktifitas lain, misalnya berlari atau berjalan. Gunakan sepatu panjat tebing anda jika sudah berhadapan dengan media panjat Tebing. Karena gesekan dengan pasir atau media sejenisnya akan lebih cepat merusak sol sepatu panjat tebing anda.
2. Biasakan menyikat sepatu setelah dipakai. Proses penyikatan sebaiknya dimulai pada bagian atas dahulu baru kemudian ke bawah.
Kenapa hal ini dilakukan, alasan yang paling masuk akal adalah karena setiap saat selesai latihan, kulit sepatu panjat biasanya cenderung kotor dan berdebu. Bila kotoran tersebut dibiarkan, maka kotoran tersebut akan mengendap pada kulit hingga mempercepat proses kerusakan dan lapisan sepatu menjadi mudah sobek. Selanjutnya setelah disikat, usaplah sol sepatu panjat dengan kain yang kering.
3. Usahakan jangan menjemur sepatu langsung terkena sinar matahari, karena akan merusak bahan sepatu. Mengeringkan sepatu yang baik, cukup diangin-anginkan saja sejenak hingga kering. Kemudian bila sepatu dirasa sudah kering taruhlah silica gel agar lembab sepatu berkurang. Bila tak ada sillica gel, masukan lembaran koran ke dalam sepatu sebagai penggantinya.
4. Disiplinkan menempatkan sepatu di rak atau digantung di suatu tempat yang memiliki sirkulasi udara bagus. Sebab dengan kondisi itu, maka sepatu tetap dalam kondisi kering dan lebh enak dipakai sewaktu-waktu. (Krisna Kartika Sari)
sumber : Harian Joglosemar

Visit Yogyakarta / Jogja