Saturday, February 28, 2009

Kliping : Memilih Sepatu Panjat yang Ideal

Olahraga panjat tebing semakin popular dikalangan anak muda. Olahraga panjat tebing bukan olahraga yang berisiko jika didukung dengan peralatan yang memadai, salah peralatan panjat yang harus dimiliki oleh atlet panjat tebing adalah sepatu panjat.
Nyaman atau tidaknya memakai sepatu panjat ini ditentukan saat kita memutuskan sepatu panjat yang sesuai dengan diri seorang pemanjat.
Berikut kami berikan tips memilih sepatu panjat, agar nyaman dipakai saat melakukan aktivitas panjat tebing.
* Pertama, sesuaikan dengan tingkat kemampuan pemanjat. Untuk pemula, yang membeli sepatu bermerek atau mahal dulu, karena untuk teknik kaki pemanjat pemula biasanya lebih cepat menghabiskan lapisan karet sol sepatu. Makanya cari yang murah-meriah aja biasa tipe ini disebut all-purpose atau untuk berbagai tipe pemanjatan karena tipe ini biasanya sangat nyaman dan tahan lama.
Namun untuk atlet-atlet yang sudah mahir biasanya mereka sudah menemukan sepatu yang cocok dengan spesialisasi mereka masing-masing.
* Kedua, pilih sepatu dari bahan yang baik.
Bahan sepatu yang baik harusnya bisa memenuhi empat syarat, yakni :
- Jika dipakai sepatu harus terasa lebih nyaman agar memperkecil risiko kulit melepuh.
- Usahakan bahan bisa menyerap keringat kaki dan mampu cepat kering.
* Ketiga, Sesuaikan dengan bentuk kaki
Bentuk sepatu bagaimana yang cocok untuk kaki kita perlu juga kita ketahui. Seperti kita ketahui ada berbagai jenis ukuran dan bentuk kaki manusia. Pola tapak yang berbeda membuat kita harus lebih teliti dalam memilih sepatu. Orang dengan pola tapak kaki lebar harus memilih
sepatu dengan pola tapak lebih lebar, daripada sepatu yang mempunyai pola tapak sempit. (Krisna Kartika Sari)
sumber : Harian Joglosemar

Visit Yogyakarta / Jogja