Monday, May 16, 2011

EMPAT ATLET PANJAT TEBING PROMOSI KE PELATNAS


Hasil seleksi nasional panjat tebing 10-13 Mei di lapangan panjat dinding KONI Jawa Timur, Surabaya  mengumumkan empat atlet yang pasti masuk pelatnas. Mereka adalah Harini, Ilmawati (kduanya nomor lead putri), R.Gunawan (speed track putra), dan Puji Lestari (seed track putri). “Berdasarkan keputusan PP FPTI, atlet yang masuk iga besar otomatis lolos masuk pelatnas. Sementara empat atlet ini masuk tiga besar di masing-maing nomor,” kata Manajer pelatnas panjat tebing Hendri C.Wijaya Jumat (13/5).

Dia menegaskan pertimbangan teknis yang dimiliki keempat atlet ini sudah jelas.  Keempat atlet ini mampu menyingkirkan atlet pelatnas maupun nonpelatnas. Sebetulnya kami ingin mengumumkan nama-nama atlet yang masuk prioritas nonteknis. Tetapi kita tunggu hingga pekan depana deh,” imbuhnya.

Hingga hari terakhir, Jumat (13/5) baru mengumumkan nama-nama atlet yang promosi ke pelatnas. Sedangkan atlet yang tercoret dari kursi pelatnas proyeksi SEA Games XXVI/ 2011 akan disampaikan langsung ke masing-masing pengprov. Pengurus Pusat Federas Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) masih melakukan rapat dengan tim pelatih.

Hendry menolak untuk mengumumkan nama-nama atlet yang tergusur dari kursi pelatnas. Alasannya PP FPTI perlu melakukan pembicaraan dengan tim pelatih. Meskipun sudah jelas nama-nama atlet yang tidak masuk sepuluh besar dari semua nomor. PP FPTI memiliki alasan etika dan akan disampaikan langsung ke daerah atlet berasal.

Secara Terpisah, manajer panjat tebing Jawa Timur, Sulistiyono Dwi Nugroho, mengaku puas dengan hasil seleknas yang diselenggarakan di Surabaya. Setidaknya gambaran kekuatan tim panjat tebing Jatim sudah terlihat. “Kita sudah memiliki gambaran kekuatan untuk menyongsong PON XVIII/ 2012, dari hasil seleknas ini,” jelasnya.

Apalagi bila melihat nomor terakhir seleknas, speed world record kemarin cukup menegangkan. Dimana FPTI Jatim berhasil sapu besih medali. Disektor putra Aan Aviansyah merebut medali emas. Sementara disektor putri, Hj.Wilda Baco Ahmad mengikuti jejak Aan dengan merebut emas. Bahkan disektor putra lima atlet speed world record asal Jatim menguasai sepuluh besar.

Selain nama Aan, Abu Dzar Yulianto masuk peringkat ketiga, disusul Galar Pandu diperingkat keempat, Hadi Saputro di ranking keenam, dan Rindi Suprianto diurutan ketujuh. Malahan disektor putri Jatim menempatkan Anitama Purnawati diranking ketiga. “Situasi seperti ini membuat kita mudah menyusun strategi,” tutup bapak dua anak itu.

Hasil seleknas nomor speed world record Putra Aan Aviansyah pelatnas Tonny Mamiri  pelatnas Abu Dzar Yulianto pelatnas Putri Hj.Wilda Baco Ahmad Santi Welyanti Anitama Purnawati (her)

Visit Yogyakarta / Jogja