Sunday, November 13, 2011

Cedera, Nadya Gagal Sumbang Medali

TEMPO Interaktif,Palembang-Cabang olahraga panjat tebing nomor boulder putri gagal mengikuti jejak boulder putra yang berhasil meraih mdeali emas. Anitama Purnawati hanya mampu berada di peringkat lima. Alhasil, emas nomor ini diraih atlet Filipina disusul perak dan perunggu dari kontingen Thailand dan Singapura.

Atlet andalan Indonesia nomor boulder, Nadya Putri Virgita pada babak penyisihan berhasil menjadi yang terbaik. Namun pada babak final jalur pertama dia mengalami cedera jari tangan kanan terluka dan
mengelupas sehingga tidak mampu berbuat banyak di tiga jalur tersisa. Dia pun harus puas berada di peringkat enam.

Pelatih kepala panjat tebing, Ronald Mamarimbing mengatakan hasil boulder putri tidak seperti yang diharapkan. "Dia (Nadya) mengalami cedera luka dan mengelupas pada jemari tangan kanannya, itu terjadi di jalur pertama, sehingga jalur berikutnya
Nadya tidak bisa maksimal, kita maklumi itu," kata Ronald, Minggu, 13 November 2011.

Menurut Ronald, sebenarnya dia tidak ingin mencari kambing hitam. Secara teknis, kebetulan lintasan jalur yang disediakan oleh juri semuanya sangat menguntungkan atlet yang berbadan tinggi,

"Kedua atlet kita yang turun di final boulder putri kebetulan berbadan kecil, jadi agak kesulitan menaklukan jalur lintasan. Atlet kita sudah berjuang maksimal," jelasnya.

Peluang pertandingan berikutnya pada nomor speed track, Ronald berharap besok Senin nasib atlet Indonesia tidak sama seperti hari ini. Nomor Speed merupakan andalan tim Indonesia untuk cabor panjat tebing.

"Untuk nomor Speed track, kita akan menurunkan Agus Yulianto dan Gunawan. Sedangkan untuk putri, Santi Welianti dan Fitriani siap mempersembahkan yang terbaik untuk Indonesia," harapnya.

Track panjat tebing merupakan arena favorit dalam mendulang emas. Pasalnya sebelum masuk ke ajang SEA Games para atlet telah mengikuti gelar latih tanding di sejumlah tempat. Selain itu arena panjat di JSC sudah di dalami oleh atlet sebelum Event resmi di gelara. Pelatih dan menejemen tim panjat tebing tetap optimistis meraih emas maksimal di SEA Games Palemnbang.

PARLIZA HENDRAWAN - tempo

Visit Yogyakarta / Jogja