Wednesday, December 26, 2007

Teknik Cepat Membaca Jalur Kompetisi

“Bacalah jalur seakan kita akan menemuinya selama pemanjatan : dengan satu gerakan pasti di setiap waktu yang berjalan selama pemanjatan”. Begitu nasehat Toni Yaniro, seorang pembuat jalur Kompetisi Profesional.
Setting terjadi pada waktu pengamatan jalur (orientasi jalur) dalam suatu kompetisi, yang tentunya sangat singkat (hanya 6 menit) untuk mengamati jalur yang mengintimidasi kita.
Ketika kita mendekati dinding, cobalah untuk rileks dan jangan membuat diri kita terengah-engah karena terprovokasi oleh jalur. Lebih baik melakukan pemanjatan sekali secara efektif daripada dua kali setiap point untuk menambah ketinggian, hal tersebut tidaklah efektif. Dengarkan semua kata-kata yang disampaikan oleh panitia kompetisi tentang aturan pemanjatan, kemudian resapi ke dalam diri sendiri. Sambil positif thinking “Bagus, ini akan sangat menyenangkan. Apa yang akan kita dapat hari ini” dan bukan pikiran macam. “Aduh, jalur ini akan sangat mengerikan”. Ingat : jalur yang telah dibuat pasti dapat dipanjat setidaknya mendekati top/puncak. Berikutnya jangan biarkan diri kita menjadi sombong, dengan meremehkan suatu jalur. Selengkapnya dapat anda baca di blognya pengda fpti Jateng atau klik disini

Visit Yogyakarta / Jogja